WAC Menggandeng PMI untuk mendistribusian bantuan sembako ke Pengungsian Sinabung

Medan. 20-08-2017. Ketua Palang Merah Indonesia Provinsi Sumatera Utara, DR. H. Rahmat Shah melepas Rombongan Welas Asih Charity atau sering disebut WAC, yang akan membawa bantuan 3 Ton beras untuk disalurkan kepada korban erupsi Sinabung.

Dalam sambutannya Rahmat Shah mengatakan, kepedulian yang ditunjukkan WAC sangat berarti dalam mengurangi penderitaan warga korban bencana alam. “Bukan karena nilai bantuan yang diberikan,karena kepedulian itu sendiri tidak terlihat.seperti Beras yang menjadi kebutuhan warga korban erupsi sinabung.” tutur Rahmat Shah saat pelepasan di Markas PMI Sumut.Jl Perintis Kemerdekaan no 37 Medan, Minggu (20/8)

Pada kesempaten itu, Rahmat Shah dan juga jajarn Pengurus memaparkan peran PMI Sumut dalam penanggulangan bencana alam erupsi sinabung kepada rombongan WAC. dimana PMI Sumut telah menyalurkan 15 juta liter air bersih, jutaan masker, dan family kit sejak Gunung Sinabung erupsi,September 2014 lalu.

Bersama dengan PMI Kabupaten Karo.PMI membantu mendistribukan 5 tempat Posko Pengungsi yang sangat membutuhkan bantuan yaitu sembako, 5 titik yg didistribukan 3 ton beras bersama rombongan WAC antara lain Poko serbaguna GBKP, Posko Terong peren, Posko Surbakti. Posko GBKP ndokum Siroga dan GPDI ndokun Siroga. serta PMI Kab Karo juga melakukan pembersihan debu vulkanik di jalan jalan dan sekitar rumah warga dan menggelar pemeriksaan kesehatan. Rombongan WAC diajak melihat dari dekat kondisi Unit Tranfusi Darah ( UTD) PMI Kota Medan serta melihat pengelolaan darah yang sudah cukup baik.

PMI Provinsi Sumut menggagas program yang melibatkan masyarakat untuk membantu warga korban bencana alam. “Program ini sudah diterapkan di berbagai negara, bagi masyarakat yang memiliki pakaian, sepatu, peralatan dan lain lain yang tidak terbakar tapi masih layak dapat menyumbangkannya ke PMI untuk dijual dengan harga minim.hanya untuk saling mengetahui dan peduli”. jelasnya.

Sementara itu ketua Rombongan Lim Iktjou menjelaskan, WAC merukan Komunitas di Perumahan Cemara Hijau yang berkosentrasi pada masalah sosial. “Setiap bulan kita ada gelar bakti sosial bekerjasama dengan PMI. kita berharap dengan bantuan ini dapat meringankan beban saudara saudara di daerah terdampak erupsi Gunung Sinabung, dan kita sangat senang ikut terlibat dalam pendistribusian sembako 3 ton beras ke Pengungsi disana serta melihat langsung keadaan saudara saudara kita yang tertimpa musibah erupsi Gunung Sinabung” ucap Lim.

Related Posts