PMI Sumut Targetkan Sejuta Tanda Tangan

Medan-andalas Dalam sambutannya di acara perayaan HUT ke-70 PMI di Markas Daerah PMI Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan, Minggu (27/9) pagi, Ketua PMI Sumut Dr H Rahmat Shah berharap Rancangan Undang Undang (RUU) Palang Merah yang saat ini tengah digodok di DPR RI dapat segera disahkan menjadi UU.

Sebab menurutnya UU Palang Merah ini nantinya dapat menunjang aktivitas PMI dalam melaksanakan pelayanan kemanusiaan di tengah-tengah masyarakat.

Untuk itu, PMI Sumut menargetkan 1 juta tanda tangan dukungan warga agar DPR RI mengesahkan RUU Palang Merah menjadi UU.

“Cakupan kegiatan PMI tidak hanya donor darah, tapi juga kebutuhan sosial khususnya kemanusiaan, seperti penanggulangan bencana alam. Dengan adanya payung hukum, PMI akan mendapat kepastian seperti dukungan dana,” tuturnya.

Di bagian lain Rahmat mengungkapkan berkat semangat kebersamaan pengurus, PMI Sumut dan jajarannya saat ini dapat memenuhi tanggung jawabnya. Seperti membangun markas yang lebih layak dan menyediakan darah 1.000 kantong per hari. Bahkan secara nasional saat ini Sumut termasuk tiga besar terbaik penyedia darah.

“Ada vihara yang sangat mendukung kita dengan mengumpulkan darah 600 kantong per hari. Kita juga sudah membuat MoU dengan TNI-Polri, MUI, universitas untuk menyelenggarakan donor darah secara terjadwal. Kita akan terus menggandeng instansi lainnya demi menjamin permintaan darah terpenuhi,” tekadnya.

Sementara itu Plt Gubsu Tengku Erry Nuradi dalam sambutannya mengapresiasi pencapaian jajaran Pengurus PMI Sumut. Sebagai bentuk dukungan, Pemprovsu akan menganggarkan bantuan sebesar Rp1 miliar untuk PMI.

“Satu daerah dinilai baik apabila PMI-nya juga baik. Karena itu, dalam APBD Perubahan, pemprov sudah menganggarkan bantuan untuk menunjang kinerja PMI Sumut. Harapannya, PMI Sumut dapat membantu pemprov mengatasi masalah sosial yang kita hadapi,” janjinya.

Ketua Panitia HUT ke-70 PMI Sumut Esti Febrianto melaporkan  kegiatan itu diikuti 700 peserta dari 42 unit Palang Merah Remaja (PMR) dan 50 unit Korps Sukarelawan (KSR) PMI. Kegiatan HUT disemarakkan dengan jalan santai, donor darah, lomba pendeteksi bencana, serta pagelaran drama tujuh prinsip PMI dan puisi.

Panitia juga memberi penghargaan kepada stakeholder dan pendonor 10 kali, 25 kali, 50 kali, dan 75 kali. Penerima penghargaan diantaranya Ketua PMI Kota Medan Ijeck (25) dan Rahmat Shah (75).

Pada kesempatan itu Ijeck mengapresiasi KSR dan PMR Kota Medan yang meramaikan perayaan HUT ke-70 PMI. “Kita memang tengah menggalakkan regenerasi untuk mempersiapkan relawan-relawan masa depan. Salah satunya dengan melibatkan korps relawan dan PMR pada setiap kegiatan,” ucap Ijeck.

Dengan menanamkan semangat kemanusiaan pada relawan muda, jelas Ijeck, akan melahirkan jiwa kepemimpinan yang berorientasi pada pelayanan. (YON)

Related Posts