PMI Sumatera Utara menghadiri kegiatan JUMBARA PMR ke – XI oleh PMI Kota Medan

Medan. Jumpa Bakti Gembira ( JUMBARA ) Palang Merah Indonesia ( PMI ) Kota Medan resmi dibuka di Wisata Alam Gotong Royong,Kecamatan Pancur Batu pada hari Kamis 14 September 2017.JAMBORE nya Palang Merah Indonesia se-Kota Medan itu diikuti 46 unit PMR dari sekolah-sekolah yang ada di Kota Medan baik itu tingkat SMP dan SMA,hingga Minggu (17/9) mendatang.

Ketua PMI Kota Medan,Bapak Drs. H. Musa Rajekshah. M.hum.  saat membuka kegiatan mengatakan kegiatan ini melibatkan 1300 peserta.dia berharap dengan JUMBARA ini menjadi sarana bagi unit-unit PMR untuk mengaplikasikan ilmu yang selama ini didapat. “Pergunakanlah Momen sebagai wadah berbagi ilmu di masing-masing unit yang didapatkan dari fasilitator.jangan jadikan momen ini kompotisi memperebutkan piala,tapi aplikasi untuk mengamalkan Tri Bakti PMR,” kata Pria yang sering disapa Ijeck ini.

Ijeck juga berpesan kepada para peserta Jumbara untuk tetap menjaga Kesehatan karena padatnya kegiatan tersebut. dengan tema acara “TANGUH,BER ETIKA dan TERAMPIL”, mudah-mudahan tidak hanya diaplikasikan di kegiatan ini,tapi juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,karena kalianlah yang nantinya kami di PMI.Terima kasih atas keaktifannya dalam setiap kegiatan PMR di Kota Medan,Saya juga mengucapkan terima kasih kepada bapak Walikota Kota medan yang telah mensupport kegiatan kita.mudah-mudahan dengan perjumpaan ini bisa mempererat Tali Silaturahmi kita semua.” katanya.

Sementara itu Bapak Drs Edi Siswanto selaku Sekretaris PMI Provinsi Sumatera Utara mengatakan PMR Kota Medan sudah berusia 36 Tahun dan kini semakin berkembang. “Kata SIAMO Merupakan motto nya Palang Merah Internasional yang artinya kita bersaudara.selanjutnya kita buatkan akronimnya menjadi Siapkah anda Menolong Orang? kita juga tambahkan dengan tunjuk jari ke kepala,dada dan kepalan tangan. Artinya PMR punya Pengetahuan,Pahamilah ilmu Pertolongan Pertama.PMR harus berpikir cerdas,kita juga punya hati dan semangat menolong,” kata Eddy. Eddy yang merupakan Pendiri PMR yang Pertama di Kota Medan pada tanggal 4 September 1981 mengatakan terharu dengan semakin banyaknya unit PMR disekolah. ” Dulu 36 tahun lalu PMR Kota Medan saya bentuk dengan Unit pertama di SMAN 2,sekarang sudah ada lebih dari 90 PMR di Sekolah dan terharu. jadikanlah Jumbara ini sebuah momen bersejarah,terutama yang SMA. manfaatkan sebagai momen Persahabatan. kita dulu membuat Jumbara tidak main-main.tidak ada pertandingan yang kompetitif.semuanya terbaik,kerja tim yang utama.” bebernya.     

Pada kesempatan itu PMI kota Medan melakukan Momerantum of Understanding ( MOU ) dengan Dinas Pendidikan Kota Medan,Departemen Agama (DEPAG),BPBD Kota Medan,Basarnas dan KISS FM. pada kesempatan tersebut Ijeck bersama dengan Pengurus PMI Kota Medan,Pengurus PMI Provinsi Sumatera Utara serta perwakilan Instansi instansi yang lainnya ke Camp-camp PMR yang di Disain dengan sangat unik dan menarik. 

Related Posts