Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ vital dalam tubuh dan diperlukan untuk tetap hidup. Dan sangat penting untuk menjaga kesehatannya. Ada berbagai cara untuk menjaga kesehatan jantung, yang sebagian besar adalah bagian dari mempertahankan gaya hidup yang sehat.

Riwayat keluarga merupakan faktor besar dalam kesehatan jantung. Melalui wawancara dengan Dr. Emily Senay pada CBS News, ia mengatakan bahwa jika Anda memiliki kerabat dengan riwayat penyakit jantung, kemungkinan anda untuk membawa penyakit tersebut 10 kali lebih besar dibanding mereka yang tidak memiliki kerabat dengan riwayat penyakit jantung. Dengan mempelajari riwayat keluarga anda, menjaga kesehatan jantung Anda tentunya akan lebih mudah dan terarah.

Minum Vitamin

Vitamin merupakan bagian penting dari menjaga kesehatan jantung dan juga berkontribusi terhadap kesejahteraan dari sistem kardiovaskular. Menurut Mayo Clinic, vitamin B6 dan B12 membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah. Walaupun banyak makanan kaya vitamin, akan lebih baik untuk setidaknya mengkonsumsi multivitamin tambahan setiap harinya.

Stop Untuk Merokok

Apapun alasannya, merokok memang tidak akan pernah dianjurkan untuk kelangsungan hidup jantung Anda. Senyawa kimia seperti yang terkandung dalam sebatang rokok, dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung. Racun dalam rokok seperti karbon monoksida dan nikotin, seperti dilansir Onlymyhealth, dapat merusak sistem kerja normal jantung tersebut. Dan risiko penyakit jantung meningkat drastis dengan jumlah rokok yang dihisap.

Diet Sehat

Diet tinggi serat dan asam lemak omega-3 dan membatasi konsumsi gula dan lemak trans akan menurunkan kolesterol dan berkontribusi untuk jantung sehat. Menurut American Heart Association, makan berbagai buah-buahan dan sayuran dapat membantu mengontrol berat badan dan tekanan darah. Makan ikan, seperti salmon, yang kaya akan asam lemak omega-3 akan membantu menurunkan risiko kematian akibat penyakit arteri koroner.

Mengontrol Berat Badan

Menurut American Heart Association, obesitas dapat menyebabkan kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan resistensi insulin, yang semuanya meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Memiliki lebih banyak lemak, terutama di daerah pinggang, menyebabkan risiko yang lebih tinggi untuk masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, diabetes, stroke dan serangan jantung. Seseorang dianggap gemuk ketika berat badannya adalah 20 persen atau lebih di atas batas normal.

Rate this article!

Menjaga Kesehatan Jantung,0 / 5 ( 0votes )

Related Posts