JK Sumbang Pembangunan UDD PMI Sumut

 

 

MEDAN — Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat Jusuf Kalla menyumbang dana sebesar Rp 1 miliar untuk pembangunan gedung Unit Donor Darah (UDD) PMI Sumatera Utara, pada saat acara Red Concert ‘Malam Kemanusiaan Bersama’ di Medan, Selasa (6/11) malam.

Saat malam amal tersebut Jusuf Kalla mengatakan PMI memiliki tiga tugas utama yakni melayani donor darah, saat rencana dan tugas-tugas sosial lainnya. Semuanya itu dapat terlaksana dengan baik jika ada kerjasama yang baik pula dengan semua pihak.

PMI bertugas untuk melayani masyarakat, maka masyarakat jugalah yang membantu apa-apa yang dibutuhkan PMI agar dapat menjalankan fungsi utamanya dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat yang membutuhkannya.

“Termasuk juga dengan rencana pendirian UDD PMI Sumut ini nantinya. Saya yakin dengan adanya kerjasama yang baik dengan semua pihak, dana yang dibutuhkan untuk pembanguan UDD tersebut dapat terpenuhi, salah satunya melalui acara malam kemanusiaan ini,” katanya.

Ia mengatakan semua sisi kehidupan manusia sangat tergantung dengan darah, dan tidak satupun orang didunia ini yang mampu membuat darah. Darah hanya bisa diperoleh dari manusia ke manusia yakni melalui transfusi.

Tidak ada seseorang yg bisa mmeprediksi kapan membutuhkan darah. makin maju suatu negara maka akan banyak membutuhkan darah, karena resiko kecelakaan juga akan semakin tinggi seiring dengan kemajuan teknologi, yang semakin rentan dengan kecelakaan.

Untuk itu PMI harus memiliki persiapan yang cukup baik, baik dalam peralatan, obat-obatan maupun keperluan lainnya agar dapat melayani dengan cepat, dan itu tentunya juga harus diiringi dengan UDD yang baik pula.

“Maka langkah yang dilakukan PMI Sumut untuk membangun UDD yang refresentatif tentunya suatu langkah positif. Dengan bantuan berbagai pihak, tentunya PMI Sumut dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” katanya.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sumatera Utara DR Rahmat Shah, mengatakan untuk membangun UDD tersebut dibutuhkan biaya sebanyak Rp 6,5 miliar.

Ia mengatakan pihaknya telah berkomitmen dan bertekad untuk lebih meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat terutama dalam hal donor darah.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan sosialisasi kemasyarakat akan keberadaan PMI serta melakukan pembangunan gedung baru UDD di markas PMI Sumut di Jalan Perintis Kemerdekaan Medan.

UDD baru ini akan didesain senyaman mungkin seperti ruang tunggu yang nyaman, ruang transfusi yang lebih baik, parkir luas, laboratorium, serta sistem komputer administrasi yang tujuan utamanya adalah meningkatkan pelayanan, keamanan dan kenyaman pendonor.

“Red Concert ini juga bertujuan untuk sosialisasi dan silaturrahmi dengan beberapa perusahaan baik swasta maupun BUMN untuk dapat membantu PMI dalam pembangunan UDD tersebut,” katanya.

Rate this article!

Related Posts