HUT PMI yang ke-75 (17/9/2020), PMI  Provinsi Sumatera Utara menyelenggarakan giat dalam rangka pencegahan covid-19 dan pasca dampak erupsi sinabung tepatnya di desa Suka Tepu Kecamatan Namanteran Kabupaten Karo. Yang mana dalam kegiatan ini dihadiri ketua PMI Provinsi Sumatera Utara bapak DR.H. Rahmat Shah beserta dengan pengurus PMI Provinsi Sumatera Utara lainnya dan dalam kegiatan ini dihadiri oleh ketua DPD-RI Bapak Ir. La Nyalla Mahmud Mattalitti beserta rombongan nya. Peringatan tersebut dihadiri oleh delegasi PMI kabupaten / kota se-Sumatera Utara. Kegiatan tersebut dimeriahkan oleh  tari sambutan karo yang dilakukan oleh siswa-siswi PMR (Palang Merah Remaja) kabupaten Karo, warga sekitar dan tamu undangan PMI  dari berbagai wilayah sumut.

  

 

Dalam kegiatan HUT PMI ini, PMI Provinsi Sumatera menerapkan protokol kesehatan yakni memakai masker,cuci tangan, menjaga jarak dengan tidak bersalaman serta penyemprotan disinfektan dilokasi. Pemilihan lokasi kegiatan karena kondisi sekitaran Gunung Sinabung cukup memperihatinkan akibat erupsi abu vulkanik tersebut.

 

Bapak Rahmat Shah selaku ketua PMI Provinsi Sumut menyebutkan usianya genap 75 tahun tepatnya 17 September 2020. PMI Sumut membantu rakyat di Desa yang terdampak erupsi gunung Sinabung sesuai tema HUT PMI ke 75 tahun ini yaitu Solidaritas Untuk Kemanusiaan.

Dipilihnya Desa Sukatepu Kecamatan Namanteran Kabupaten Karo sebagai pusat peringatan HUT ke 75 karena PMI peduli terhadap masyarakat khususnya petani yang berkaitan dengan dampak erupsi Sinabung terjadi di Karo.

Bapak Rahmat Shah mengajak seluruh komponen bangsa bersama-sama bergandengan tangan mengatasi berbagai persoalan kemanusiaan di Indonesia. PMI akan selalu hadir menjadi garda terdepan pada setiap masa sulit yang dilalui masyarakat dan bangsa.

PMI akan selalu menjalankan tugas kemanusiaan sesuai dengan 7 prinsip dasar gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yaitu Kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, kesemestaan.

Adapun dalam giat ini PMI Provinsi Sumut  memberikan bantuan berupa  20 paket sembako, 1500 paket PHBS, 780 paket snack anak-anak, 2 alat cuci tangan, serta bibit tanaman sebanyak 1.500.000 batang bantuan oleh PT. Agrimas melalui Anak Perusahaan Panah Merah. Adapun bantuan tersebut di distribusikan ke 6 desa yaitu desa Sukandebi, desa  Sukatepu, desa Naman, desa Ndeskati, desa Kutambelin dan desa Gung Pinto.

 

Dalam acara HUT PMI ke-75 ini pun diadakannya pelayanan kesehatan bagi lansia serta dukungan psikososial yang dilakukan tim PSP(Pchycosocial Support Program) PMI Provinsi Sumut kepada anak-anak untuk menghibur sekaligus menghilangkan trauma kepada anak-anak yang terdampak erupsi Sinabung.