“LAUNCING” UTD PMI Kabupaten Nias

 

Launcing Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Karo

Nias. Untuk mengatasi kelangkaan darah serta upaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Palang Merah Indonesia ( PMI ) Kabupaten Nias Melauncing Unit Transfusi Darah ( UTD ) di RSUD Gunungsitoli.

Launcing UTD ini dibuka langsung oleh Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli MM dan dihadiri Wakil Ketua PMI Provinsi Sumatera Utara Chairil Siregar SH,pada Selasa ( 15/5 )

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Yapintar Mendrofa,SKM MKM dalam laporannnya menyampaikan bahwa  proses persiapan pembentukan UTD memakan waktu lebih kurang 2 tahun.

“UTD PMI Kabupaten Nias ini terwujud atas dukungan moril dan materi dari semua pihak terututama Pemerintah Kabupaten Nias, PMI Provinsi Sumut,PMI Kabupaten Nias, Pihak Swasta yaitu PT Sempurna Medilab Indonesia Medan yang memfalisitasi / inventasi pemenuhan alat Kesehatan,” ungkapnya.

Yapintar yang juga Wakil Ketua PMI Kabupaten Nias mengungkapkan,saat ini kebutuhan darah di RS Gunungsitoli Kabupaten Nias berkisar antara 250 sampai dengan 300 katong darah perbulannya. ini diperlukan untuk penanganan kasus pendarahan pada saat melahirkan, kecelakaan lalu lintas, bantuan darah di meja operasi dan pasien anemia.

“Untuk memenuhi keUbutuhan darah, ke depan UTD PMI Kabupaten Nias akan terus menjalin kerjasama dengan UTD PMI Kabupaten/Kota lain”. kata Yapintar

Menurut Yapintar Peralatan UTD PMI Kabupaten Nias saat ini telah mampu melakukan uji saring skringing darh donor darah standar terhadap penyakit infeksi Sifilis, Hepatitis B, Hepatitis C, HIV dan Malaria.

“Selain itu memeriksa golongan darah melakukan uji coba serasi ( crossmach ) antara darah donor dan pasien serta mampu menyimpan darah donor dalam peralatan penyimpanan sampai dengan masa waktu 1 bulan,sehingga darah yang digunakan dan didistribusikan dapat terjaga kualitasnya”, jelasnya

Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli MM menyambut baik dengan terbentuknya UTD PMI Kabupaten Nias ini, salah satu bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Nias didalam bidang Pelayanan Kesehatan serta sebagai wujud kepedulian terhadap keselamatan jiwa manusia yang membutuhkan pertolongan karena kekurangan darah.

Bupati mengakui belum optimalnya pemerataan pelayanan dan mutu pelayanan kesehatan,disebabkan faktor wilayah Kabupaten Nias berada di perbatasan, terpencil, rawan bencana serta masih rendahnya kemampuan ekonomi masyarakat.

“Saya berharap dengan terbentuknya UTD PMI Kabupaten Nias ini mampu mengatasi permasalahan penyediaan darah yang selama ini sangat dibutuhkan masyarakat se Kepulauan Nias, baik penanganan di Rumah Sakit maupun fasilitas kesehatan lainnya”, ujar Bupati

  

Sementara itu Wakil Ketua PMI Provinsi Sumut Chairil Siregar  SH mengapreasiasi terbentuknya UTD PMI Kabupaten Nias ini, menurutnya di 33 Kabupaten / Kota se-sumatera utara hanya memiliki sedikit UTD

“Saya berharap dengan terbentuknya UTD PMI Kabupaten Nias ini tidak ada lagi pasien kesulitan memperoleh darah apalagi memperjualbelikan darah dengan harga mahal” harap Chairil

Acara Launcing ini dirangkai dengan Aksi Donor Darah sukarela yang berasal dari Polres Nias, Kodim 0213 Nias. Akbid Haga, DInas Kesehatan Kabupaten Nias, RSUD Gunungsitoli, PDAM TIRTA UMBU, Puskesmas Gido, dan lain sebagainya

Turut hadir Kepala BNNK Gunungsitoli, Sekda Kabupaten Nias, Wakapolres Nias, Danlanal Nias, mewakili Dandim 0213 Nias, para Ketua PMI se- Kepulauan Nias,Pimpinan BUMD / BUMN / NGO dll.

Rate this article!

Related Posts