Medan, 14/6 (Antarasumut) – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumatera Utara menilai program
tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) yang diterapkan Bank Danamon dalam hal mengembangkan kemitraan dengan PMI di daerah itu patut dicontoh dan diikuti oleh lembaga perbankan lain maupun berbagai perusahaan.

“Kita bersyukur dan berterimakasih kepada pihak Bank Danamaon karena melalui Yayasan Danamon Peduli, mereka telah menyalurkan dana CSR untuk hal-hal yang tepat,” kata Ketua PMI Sumatera Utara (Sumut), DR. Rahmat Shah, di Medan, Jumat (14/6).

Ia menyampaikan hal itu pada acara pembukaan pelatihan pelatihan manajemen bencana yang diselenggarakan dalam rangka Bulan Kepedulian Lingkungan Tahun 2013.

Dikatakannya, PMI di Sumut senantiasa siap menjalin kemitraan dengan berbagai pihak untuk menggerakkan program-program CSR yang bersifat inovatif dan bersentuhan langsung dengan hal-hal yang bersifat kemanusiaan maupun lingkungan.

Menurut dia, banyak bidang kegiatan PMI yang bisa disinergikan secara berkesinambungan dengan program CSR, terutama yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat.

Jika semakin banyak perusahaan membangun kemitraan dengan PMI, kata dia, tentunya program kerja sama itu akan sangat efektif bagi PMI dalam menjalankan berbagai kegiatan kemanusiaan, termasuk dalam membangun berbagai prasarana dan sarana yang masih belum dimiliki organisasi kemanusiaan tersebut.

Terkait dengan pelatihan manajemen bencana, ia mengatakan bahwa kegiatan itu penting untuk meningkatkan kapasitas staf dan relawan PMI pada saat bencana.

“Meskipun kita tidak menginginkan adanya bencana, tetapi kita mau tidak mau harus memiliki bekal pengetahuan di bidang penanganan bencana,” tambahnya.

Dikatakan Rahmat, jajaran PMI di daerah itu akan terus berupaya berperan aktif di tengah masyarakat sebagai bentuk kewaspadaan dan pengurangan risiko terhadap bencana alam serta hal-hal yang tidak diinginkan di masa datang.

Pelatihan manajemen bencana yang digelar PMI Kota Medan bekerja sama dengan Yayasan Danamon Peduli tersebut diikuti 100 orang lebih dari kalangan pengurus PMI kecamatan se-Kota Medan, para anggota korps sukarelawan dan karyawan PT Bank Danamon.

Pimpinan perwakilan PT Bank Danamon Indonesia wilayah Sumatera, Ester Junita Ginting, mengatakan bahwa pihaknya memilih bermitra dengan PMI, karena memahami bahwa kegiatan PMI ternyata tidak hanya sebatas urusan donor darah.

“Semula kami mengira bahwa PMI ini urusannya donor darah saja, ternyata hampir semua aspek kemanusiaan dilakukan oleh PMI termasuk bencana dan upaya pelestarian lingkungan,” ucap dia.

Selain menjalin kerja sama di bidang pelatihan manajemen bencana, PT Bank Danamon dan PMI Sumut akan merealisasikan beberapa kegiatan lain, di antaranya penanaman pohon serta pendidikan dan latihan bagi anggota personel satuan penanganan bencana (Satgana).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here