Medan 26/10/2019. Palang Merah Indonesia Provinsi Sumatera Utara mengikuti serta memeriahkan kegiatan JAMBORE Kesiapsiagaan Bencana Provinsi Sumatera Utara.Kegiatan JAMBORE tersebut rutin dilaksanakan 2 tahun sekali oleh BPBD Provinsi Sumatera Utara yang dihadiri dan diikuti oleh 1000 peserta yang terdiri dari jajaran BPBD Kabupaten/Kota se Sumatera Utara, OPD Pemprov Sumut, SAR, PMI, Mahasiswa, Pramuka dan kalangan relawan lainnya.

Dalam kegiatan JAMBORE tersebut PMI Provinsi Sumatera Utara membentuk TEAM PMI Sumut dari hasil kolaborasi PMI Kab,Kota untuk ikut memeriahkan serta mengikuti perlombaan yang ada di kegiatan JAMBORE tersebut yang diadakan oleh BPBD Provinsi Sumatera Utara.didalam kegiatan perlombaan JAMBORE tahun 2019 ini antara lain:perlombaan cerdas cermat bencana (CCB).perlombaan bongkar pasang Tenda Pengungsiaan (BPT).perlombaan Dapur Umum Pengungsi (DU),serta perlombaan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD).

Dalam perlombaan Pertolongan Pertama Gawat Darurat(PPGD) Team PMI Sumut Juara Umum di ajang kegiatan JAMBORE tersebut.Sungguh membanggakan team PMI Sumut membawa Harum Palang Merah Indonesia di kegiatan JAMBORE Kesiapsiagaan Bencana Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019.”ungkap” Drs Edi Siswanto selaku Sekretaris PMI Provinsi Sumut.

 

Dalam acara penutupan kegiatan tersebut, Edy Rahmayadi kembali mengingatkan agar para peserta Jambore senantiasa turut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian alam.

“Kita tidak bisa berbuat apa-apa ketika alam marah. Untuk itu, harus kita rawat alam dan sebagai antisipasi lakukan pelatihan untuk siaga. Sehingga, ketika bencana memang harus tiba, kita telah punya persiapan untuk mengurangi risikonya,” kata Edy Rahmayadi.

Sementara itu, Kepala BPBD Provsu Riadil Akhir Lubis dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh peserta yang telah turut menyukseskan kegiatan Jambore Kesiapsiagaan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Utara.

“Saya atas nama BPBD Provinsi Sumut sebagai penyelenggaran kegiatan ini mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta, mulai dari BPBD Kabupaten/Kota se Sumut, jajaran OPD Pemprov Sumut, SAR, PMI, Mahasiswa, dan seluruh relawan yang telah turut menyukseskan kegiatan ini,” kata Riadil.

Riadil berharap agar serangkaian kegiatan yang telah dilakukan selama pegelaran Jambore dapat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas penanggulangan bencana bagi seluruh peserta yang mengikuti.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat dalam meningkatkan kapasitas kita menanggulangi bencana apabila sewaktu-waktu datang, sehingga dampaknya dapat diminimalisir, baik dari sisi korban jiwa maupun kerugian material,” ucap Riadil.

Dalam kesempatan tersebut, seluruh peserta Jambore Kesiapsiagaan Bencana Provinsi Sumatera Utara juga bersepat menobatkan gelar ‘Bapak Peduli Kemanusiaan dan Kebencanaan Provinsi Sumatera Utara’ kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Penyematan gelar tersebut dinilai berdasarkan kepedulian, perhatian, komitmen, integeritas dan tanggung jawab Gubernur yang selama ini dinilai sangat berkontribisi dalam menanggulangi berbagai bencana alam, sosial dan kemanusiaan di Sumatera Utara.

Pada penutupan acara Jambore Kesiapsiagaan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Utara, Gubsu juga turut menyerahkan secara langsung hadiah-hadiah kepada seluruh pemenang lomba yang terdiri dari perlombaan pendirian tenda, uji ketangkasan di dapur umum, cerdas cermat, hingga pertolongan pertama gawat daruat (PPGD).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here